CLICK HERE FOR THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES »


"Setiap Lebaran Selalu Menyaksikan Cerita Menarik Dan Unik ,Untuk Hati Yang Mahu Menerima Kebenaran"

Saturday, November 1, 2008

Inalillah,Wainallilah Hirojiun


Inalillah,Wainallilah Hirojiun...Tersentuh hati!!Mungkin ini perasaan yang lahir bilamana 3 saudara gugur menjalani hukuman eksekusi lantaran peristiwa pengeboman Bali,2002 yang megorbankan 200 orang..Aku bukanlah,seorang yang bijak untuk menafsirkan sama ada benar atau tidak tindakan mereka.Semoga Allah,memberi nikmah dan rahmat pada roh mereka dan keluarga yang ditinggalkan.Allahuakbar!!Apakah sebenar jihad?

"Dan berjihadlah kamu pada jalan Allah dengan jihad yang sebenar-benarnya. Dia telah memilih kamu dan Dia sekali-kali tidak menjadikan untuk kamu dalam agama suatu kesempitan. (Ikutilah) agama orang tuamu Ibrahim, dan Dia (Allah) telah menamai kamu sekalian orang-orang muslim dari dahulu, dan (begitu pula) dalam (Al Quran) ini, supaya rasul itu menjadi saksi atas segenap manusia, maka dirikanlah sembahyang, tunaikanlah zakat dan berpeganglah kamu dari tali Allah. Dia adalah pelindungmu, maka Dia-lah sebaik-baik pelindung dan sebaik-baik penolong" (Al Hajj 78).

Ayat di atas jelas menyatakan bahwa jihad merupakan suatu kewajiban bagi semua muslim yaitu dengan jihad yang sebenar-benarnya. Adakah jihad yang bukan sebenar-benar jihad ?. Sudah benarkah pemahaman kita sendiri akan jihad itu sendiri ?. Bagian ayat berikutnya adalah dimana Allah telah memilih kita dan tidak menjadikan suatu kesempitan dalam beragama. Dari kata-kata "Dia telah memilih kamu", dapat kita tarik kesimpulan bahwa jihad dilakukan dalam rangka tujuan pokok penciptaan manusia dimana Allah menunjuk manusia seabgai khalifah di bumi sebagaimana disebutkan juga dalam surat Al Baqarah 31 "Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat, "Sesungguhnya aku akan menciptakan khalifah di muka bumi ....". Bagian berikutnya "Dia tidak sekali-kali menjadikan untuk kamu dalam agamamu suatu kesusahan" memberikan maksud kepada kita bahwa jihad itu sendiri dilakukan oleh semua muslim sesuai dengan kemampuannya masing-masing, sebagaimana dijelaskan oleh surat Al Baqarah 286, "Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya...".

Makna Jihad

Jihad merupakan suatu kata yang sangat akrab didengar oleh telinga kita dan lidah kitapun sudah sangat fasih untuk mengucapkan kata tersebut, padahal sering kita tidak mampu untuk menjelaskan mengenai jihad itu sendiri dalam arti yang sebenarnya. Dalam benak pemikiran kita, ketika disebut kata jihad, maka sering dari kita, secara otomatis, mengidentikkan dengan perang melawan musuh. Tetapi benarkah pemahaman kita tentang jihad seperti ini ?. Pengartian atau pemaknaan jihad yang tidak tepat pada akhirnya akan berakibat menurunkan makna (moral) sebenarnya dari jihad itu sendiri.

Jihad berasal dari kata "jahada" yang berarti "bersungguh-sungguh" . Dengan melihat arti dasar dari kata jihad ini, akan didapati makna jihad yang sangat luas dan tidak terbatas pada areal perang. Jihad merupakan rangkaian dari ajaran Islam "Amar ma`ruuf wa nahii munkar", dan sekali lagi akan kita jumpai makna yang sangat luas dan dalam darinya mengingat usaha-usaha amar ma`ruuf dan nahii munkar yang sangat banyak pula.

0 comments: